Senin, 20 Desember 2010

Studi Deskriptif Kandungan Boraks Dalam Sayur Daun Singkong Di Rumah Makan Padang Dan Minang Di Kecamatan Tikala Kota Manado

Mansoara Ekayanti. 2010. Studi Deskriptif Kandungan Boraks Dalam Sayur Daun Singkong Di Rumah Makan Padang Dan Minang Di Kecamatan Tikala Kota Manado. (Di bimbing oleh Ny. H. J. Tumelap, BSc, sebagai Pembimbing I dan Jasman, S.Pd, SKM sebagai Pembimbing II).

ABSTRAK


Boraks (H3BO3) merupakan senyawa kimia berbentuk kristal lunak yang mengandung unsur boron, tidak berwarna dan mudah larut dalam air, sering ditambahkan ke dalam makanan sebagai pengenyal ataupun sebagai pengawet makanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kandungan boraks dalam sayur daun singkong di Rumah Makan Padang dan Minang di Kecamatan Tikala Kota Manado.
Jenis Penelitian bersifat deskriptif yaitu menggambarkan ada tidaknya Boraks dalam sayur daun singkong, dengan populasi dalam penelitian ini adalah sayur daun singkong yang dijual di masing-masing Rumah Makan Padang dan Minang di Kecamatan Tikala Kota Manado dan sampel adalah total populasi. Pengumpulan data diperoleh dari pemeriksaan laboratorium dan observasi dilapangan. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi.
Berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Balai Riset dan Standarisasi Industri dan Perdagangan Manado pada 5 sampel sayur daun singkong yang di jual di rumah Makan Padang dan Minang di Kecamatan Tikala Kota Manado, tidak mengandung boraks.

Kata kunci: Boraks (H3BO3), Sayur daun singkong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar